Manfaat Mengkonsumsi Daun Kelor Bagi Kesehatan

Daun kelor selama ini hanya dianggap sebagai salah satu bahan pangan untuk diolah menjadi sayur. Padahal, daun ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit.
 

Manfaat Mengkonsumsi Daun Kelor Bagi Kesehatan
Foto credit ©Pixabay
Menurut sebuah penelitian, kandungan nutrisi yang terdapat pada daun kelor bisa dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Daun kelor mengandung semua unsur asam amino yang sangat penting bagi tubuh manusia, beberapa diantaranya seperti isoleucine, leusine, lysine, argine, histidine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine. Selain itu, daun kelor juga disebut mengandung banyak protein, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), lemak, riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, magnesium, serat, zat besi, dan fosfor.
 

Daun kelor yang sudah dikeringkan sangat baik untuk dikonsumsi. Hal tersebut lantaran semua kandungan nutrisi yang ada pada daun kelor mengalami peningkatan setelah daun ini dikeringkan, Anda juga dapat menghaluskan daun kelor kering supaya lebih mudah untuk dikonsumsi.

Ampuh mencegah berbagai macam penyakit

Daun kelor serbuk kering
Foto credit ©Pixabay
Daun kelor sangat berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

Mencegah diabetes

Daun kelor disebut mampu menyeimbangkan kadar gula, serta mengurangi komplikasi penyakit akibat diabetes. Menurut sejumlah penelitian yang telah dilakukan, daun kelor dapat membantu meningkatkan produksi inusilin pada tubuh manusia. Selain itu, kandungan nutrisi pada daun kelor juga dapat meningkatkan sirkulasi inusilin, dan menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Daun kelor dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan sejak zaman dulu biji kelor telah dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung oleh manusia.

Mengurangi peradangan

Daun kelor juga disebut memiliki senyawa anti-peradangan. Biji kelor disebut memiliki kandungan isothiocyanate yang mana sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Sedikit informasi, peradangan merupakan respon alami yang dilakukan oleh tubuh manusia ketika terkena infeksi atau cedera.

Menurunkan kolesterol

Beberapa peneliti percaya daun kelor ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sedikit informasi, kolesterol yang terlampau tinggi dapat memicu munculnya beragam penyakit berbahaya seperti sakit jantung.

Melindungi dari keracunan arsenik

Kontaminasi arsenik umumnya dapat ditemukan pada air dan makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi arsenik dengan jumlah banyak serta dalam waktu lama dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti sakit jantung hingga kanker. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, daun dan biji kelor mampu melindungi tubuh dari bahaya keracunan zat arsenik.

Mengatasi disfungsi ereksi

Dalam ilmu pengobatan tradisional, daun kelor telah sejak lama digunakan untuk mengobati penyakit disfungsi ereksi. Daun kelor dipercaya memiliki sifat afrodisiak, yang mana dapat memicu timbulnya gairah.

Menyehatkan mata

Siapa yang menyangka jika daun kelor mengandung vitamin A spuluh kali lebih banyak dibanding wortel? Fakta tersebut merupakan hasil riset dari salah seorang dokter herbalis asal Indonesia bernama dr Prapti Utami, yang telah diterbitkan menjadi sebuah buku pada tahun 2019 silam.
 

Itulah beberapa manfaat yang akan bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi daun kelor. Selain rasanya yang enak untuk dijadikan bahan sayur, daun kelor nyatanya memiliki segudang kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh ya. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Sumber refrensi : https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/13/173200165/7-manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan?page=all

Posting Komentar

Copyright © 2021

Marai Sehat