11 Gerakan Simple Untuk Melancarkan Sirkulasi Peredaran Darah

Melancarkan peredaran darah yang tersumbat bisa dilakukan dengan cara melakukan olah raga senam, atau latihan lain yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah.
 
11 Gerakan Simple Untuk Melancarkan Sirkulasi Peredaran Darah
Yoga memperlancar peredaran darah | Foto credit ©Freepik

Aliran darah yang tergangu dapat menyebabkan beberapa gangguan serius, diantaranya sakit kepala, kelelahan berlebih, kaki bengkak, dan lain sebagainya. Jika sudah begitu, aktivitas yang sedang Anda lakukan sudah pasti akan tergangu.
 

Penyebab utama

Penyebab utama peredaran darah kurang lancar pada umumnya dikarenakan kadar kolestrol dalam tubuh yang terlampau tinggi. Hal ini dapat diperparah jika penderita mengkonsumsi makanan asin, kurang porsi makan, hingga kurangnya asupan carian yang masuk ke dalam tubuh.


Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak juga dapat memicu tingginya kolestrol yang dapat berpotensi merusak pembulu darah. Untuk mengatasi beberapa persoalan sirkulasi peredaran darah, cara terbaik adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik seperti berolah raga.


Nah, lewat artikel ini kami akan membahas beberapa tips yang bisa Anda coba untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah. Di bawah ini, ada beberapa jenis latihan yang dapat Anda coba untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh.

 

Luruskan kaki

Pagi hari merupakan waktu paling pas untuk melakukan peregangan guna memperlancar peredaran darah yang tersumbat. Luruskan kedua kaki Anda di bawah terik matahari pagi selama 10 - 20 menit, setelah itu teruskan dengan melakukan olah tubuh lainnya.

 

Angkat kaki

Cobalah untuk berdiri dengan tegak, lalu angkat salah satu kaki ke atas. Pastikan otot-otot kaki merasakan tegang, lakukan secara berulang pada kedua kaki.

 

Gerakan leher

Anda bisa mencoba untuk mengendurkan otot – otot leher dengan cara memutar kepala dari kiri ke kanan, ulangi setidaknya hingga 10 kali. Jika sudah, selanjutnya berbaringlah sembari menundukkan kepala ke depan dengan posisi badan membungkuk. Lakukan gerakan tersebut setidaknya hingga 10 kali.

 

Push up

Setelah mandi pagi, cobalah untuk melakukan push up paling tidak sebanyak 10 kali. Latihan ini akan memberikan Anda energi sepanjang hari. Sebaiknya luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk melakukan olah raga ini sebelum Anda memulai beraktivitas.

 

Melatih jari-jari kaki

Cobalah untuk duduk di lantai dengan membentuk sudut 90 derajat menggunakan lutut. Usahakan untuk tetap tegak dengan posisi tangan meraih jari – jari kaki, jangan lupa untuk mengatur tumit kaki tetap berada di tanah. Jika dirasa cukup, tambahkan dengan berjalan jinjit dalam beberapa menit. Trik ini sangat efektif melancarkan peredaran darah yang tergangu.

 

Putar kaki

Cara melancarkan peredaran darah di kaki selanjutnya dengan duduk di kursi. Lalu putar kaki mu searah jarum jam, ulangi hingga 10 kali. Lakukan secara bergantian selama. Selain meningkatkan sirkulasi, latihan ini juga melenturkan kaki sehingga lebih kuat dan bugar dalam beraktivitas.

 

Latihan tangan

Latihan tangan ini mencegah terjadinya kram atau peredaran darah tidak lancar pada seluruh tubuh. Regangkan kedua tanganmu lurus kesamping, lalu bentuk kepalan dan gerak-gerakkan kepalan tersebut. Tetap pada posisi itu selama beberapa menit. Lalu, gerakkan tangamu melingkar bahu ke samping kanan dan kiri secara bergantian dalam satu menit.

 

Jalan-jalan

Walaupun semua gerakan dapat meningkatkan sirkulasi, tapi cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat terbaik adalah dengan berjalan. Jalan pagi setiap 20-30 menit setiap hari mampu mengurangi stres, melemaskan otot, dan merangsang kinerja pembuluh darah.

 

Renang

Berenang merupakan gerakan yang melibatkan semua otot tubuh dan merangsang peredaran darah tidak lancar. Olahraga renang baik untuk semua kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa, khususnya bagi mereka yang bermasalah dengan sendi dan otot.

 

Yoga

Merupakan teknik untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih pernapasan. Salah satu manfaat yoga adalah memperbaiki peredaran darah tidak lancar. Jadi, metode ini bisa kamu pakai untuk meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan.

 

Bersepeda

Bersepeda dapat meningkatkan sirkulasi pada bagian bawah tubuh. Tak hanya itu, bersepeda secara rutin dapat melatih otot kaki lebih kuat dan sehat terhadap gangguan yang menyerang. Selain bersepeda, kamu juga bisa menari.

 

Itulah latihan yang bisa melancarkan peredaran darah ke otak, kaki atau seluruh tubuh. pada dasarnya semua gerakan tubuh bisa membawa dampak positif bagi tubuh. Jadi, janganlah malas bergerak setiap hari.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Marai Sehat