7 Jenis Sayuran Penambah Darah untuk Tubuh

Beberapa jenis sayuran penambah darah untuk tubuh berguna untuk membantu tubuh Anda dalam mempercepat produksi sel daran merah. Sel darah merah dalam tubuh Anda berguna sebagai sel yang menjaga kekuatan tubuh dari kelelahan berlebih. Kandungan sel darah ini tiap orang berbeda tergantung jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang sehat, maka tubuh Anda akan mengalami kekurangan sel darah merah.

Efek yang paling sering ditimbulkan ketika mengalami gejala kurang darah yaitu penyakit anemia. Anemia adalah jenis penyakit yang menimpa seseorang ketika produksi sel darah merahnya tidak cukup banyak untuk tubuh. Mudah lesu, lemas, dan juga mudah mengalami kecapekan yang berlebihan. Cara yang paling mudah untuk mengatasi dan mencegah penyakit ini yaitu dengan mengonsumsi makanan penambah darah, salah satunya adalah sayuran.

7 Jenis Sayuran Penambah Darah untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis sayuran penambah darah untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Bayam


Kandungan zat besi dalam sayur bayam sangatlah banyak. Tubuh Anda tidak akan mudah mengalami kekurangan sel darah merah maupun terserang penyakit anemia. Anda akan mempunyai ekstra tenaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Brussel sprout


Jenis kubis yang satu ini juga dapat membantu Anda untuk mengatasi kurangnya dalam tubuh. Kubis jenis brussel sprout mengandung banyak kandungan nutrisi seperti zat besi, serat dan vitamin yang cukup lengkap untuk mencegah kekurangan sel darah merah.

3. Kentang


Anda juga dapat menambah darah dengan alami jika mengonsumsi kentang dengan rutin. Kentang tidak hanya akan mencegah penyakit anemia, namun juga dapat memberikan banyak nutrisi lainnya untuk kesehatan tubuh.

4. Brokoli


Jangan ragu untuk mengonsumsi brokoli di setiap waktu makan Anda. Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang ada dalam brokoli sangat baik untuk mencegah tubuh dari kekurangan sel darah merah.

5. Arugula


Anda pasti belum mengenal nama sayuran yang satu ini. Arugula merupakan salah satu sayuran sehat yang mengandung cukup banyak serat dan vitamin sehat bagi tubuh. Sayur ini juga mampu menjadi sayur sehat pencegah kekurangan sel darah merah.

6. Kembang kol


Jangan ragu untuk mengonsumsi kembang kol setiap hari bagi kesehatan tubuh. Sayuran ini mengandung banyak gizi sehat untuk tubuh Anda. Tidak hanya menambah darah, namun juga mencegah Anda dari penyakit anemia.

7. Sawi


Jenis sayuran lainnya yang mampu mencegah anemia dan mencegah keletihan berlebih yaitu sawi. Pilihlah jenis sawi hijau yang lebih menyehatkan karena mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Baca Juga: 22 Jenis Makanan Penambah ASI untuk Ibu Menyusui

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis sayuran penambah darah untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.