22 Penyebab Tubuh Mengalami Demam Menggigil

Demam merupakan penyakit yang sering melanda. Kehujanan dan  kelelahan pada tubuh menjadi penyebab umum terjadinya demam. Namun, bagaimana dengan demam menggigil? Apakah Anda akan menganggapnya sebagi demam biasa? Demam yang menggigil bisa jadi tanda adanya penyakit lain yang sedang menyerang Anda. Untuk itu, Anda perlu tahu penyebab demam menggigil.

Demam menggigil terjadi karena suhu dingin menghampiri Anda. Keadaan ini tentu Akan membuat Anda tersiksa. Belum lagi demam menggigil biasanya disertai penyakit lain. Adanya kondisi kesehatan yang menurun perlu dicari tahu penyebabnya, guna memperoleh penanganan yang tepat. Berikut adalah penyebab demam menggigil
.
Penyebab Demam Menggigil, Dampak Penyebab Demam Menggigil, Penyebab Penyakit Demam Menggigil

1. Gangguan kandung kemih


Penyebab demam menggigil yang pertama yakni adanya gangguan kandung kemih. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi pada kandung kemih, yang pada umumnya disebabkan oleh adanya bakteri. Bakteri yang paling banyak dapat menginfeksi kandung kemih adalah bakteri E. coli. Sebagai tambahan, perempuan  lebih rentan terhadap gangguan kandung kemih daripada laki-laki.

2. Flu


Daya tahan tubuh yang baik dapat menghindarkan Anda dari penyakit flu. Penyakit ini mengakibatkan penderita demam menggigil. Selain itu biasanya disertai dengan sakit kepala, batuk dan juga sakit tenggorokan. Penyakit flu rentan terhadap anak-anak, ibu hamil, manula dan orang penderita penyakit kronis dengan sistem imun yang buruk.

3. Cuaca


Perubahan cuaca  sering kali menjadi penyebab demam. Adanya suhu yang tidak stabil membuat tubuh kita rentan terhadap berbagai macam virus. Suhu yang naik dan turun secara draktis membuat tubuh bekerja keras untuk cepat beradaptasi. Apabila tubuh lambat beradaptasi disinilah penyakit akan menyerang, termasuk demam.

4. Demam chikungunya


Timbulnya penyakit chikungunya selalu disertai dengan naiknya suhu badan atau demam. Penyakit ini disebabkan oleh alphavirus yang disebarkan oleh nyamuk spesies Aedes aegypti. Selain demam menggigil tanda umum pada penyakit ini, penderita merasakan linu dan pegal di seluruh persendian.

5. Penyakit malaria


Penyakit malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles. Dalam gigitan ini nyamuk akan memasukkan parasit yang dapat menginfeksi darah. Menggunakan kelambu atau obat pengusir nyamuk merupakan langkah awal yang dapat Anda terapkan untuk terhindar dari gigitan penyebab penyakit malaria ini.

6. Gangguan tenggorokan


Gangguan tenggorokan terjadi karena adanya peradangan pada tenggorokan. Gangguan ini menyebabkan penderita mengalami demam menggigil. Sakit saat menelan merupakan tanda Anda sedang mengalami gangguan tenggorokan. Pencegahan pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghindari adanya gangguan tenggorokan adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih.

7. Gangguan sinusitis


Gangguan sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan di daerah sinus. Gangguan sinusitis ini dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti  alergi, asap, pilek ataupun adanya kelainan pada struktur hidung. Selain demam menggigil penderita gangguan sinusitis memiliki bau napas yang tidak sedap.


8. Meningitis


Meningitis dapat terjadi karena bakteri dan virus. Keduanya dapat menginfeksi tubuh dan menyebabkan kerusakan pada syaraf, otak dan sumsum tulang belakang.  Gejala awal meningitis adalah nyeri pada otot persendian, bibir terlihat biru, kulit pucat dan menggigil.  Harap segera hubungi dokter atau tenaga medis lainnya bila gejala ini terjadi.

9. Infeksi


Adanya infeksi pada tubuh yang disebabkan luka juga dapat menjadi penyebab demam menggigil. Infeksi bila tidak segera diobati akan meradang dan bisa jadi mempengaruhi kesehatan organ yang lain. Peradangan yang disebabkan infeksi dapat meningkatkan suhu badan, sebagai mekanisme pertahanan diri terhadap bakteri atau virus penyebab infeksi.

10. Serangan virus gestroenteritis


Serangan virus gestroenteritis dapat menyebabkan diare, kram perut, mual dan gangguan pencernaan lainnya. Virus ini dapat menular melalui kontak dengan orang yang terinfeksi dan melalui makanan atau minuman. Serangan virus ini bila berlanjut terus akan menyebabkan penderita mengalami demam menggigil.

Baca Juga 10 Tanda Gejala Awal Penyakit Vertigo

11. Serangan bakteri
12. Minum air
13. Berjemur matahari pagi
14. Kompres air hangat
15. Minyak telon dan minyak kayu putih
16. Minuman jahe dan teh
17. Minuman kunyit
18. Minuman lemon dan kayu manis
19. Bawang merah
20. Bawang putih
21. Minuman madu
22. Sup kaldu hangat

Dengan mengetahui peyebab demam menggigil, Anda dapat lebih waspada apabila terjadi kondisi yang demikian. Ditambah lagi dengan memahami adanya penangan yang tepat , Anda dapat segera memberikan penanganan guna meringankan demam yang melanda dan tidak menyebabkan penyakit yang serius.