22 Jenis Makanan Penambah ASI untuk Ibu Menyusui

Pasca hamil, seorang ibu membutuhkan jenis makanan penambah ASI untuk ibu menyusui yang menyehatkan tubuhnya dan juga si bayi. Kondisi ibu hamil dan ibu menyusui cukup berbeda. Ketika hamil, seorang ibu dituntut untuk tidak mengonsumsi makanan secara sembarangan agar bayinya tidak mengalami gangguan kesehatan ketika lahir. Sedangkan ibu menyusui perlu memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi agar ASI nya tetap sehat.

Nutrisi pertama yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir hanya terdapat pada ASI sang ibu. Itulah mengapa banyak ibu menyusui yang perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehingga ASI untuk si bayi tetap sehat dan kaya akan nutrisi. Pentingnya ASI untuk bayi membuat para ibu berlomba-lomba untuk mengonsumsi makanan penambah ASI. Makanan ini akan membantu ibu memberikan nutrisi terbaik untuk anak mereka.

22 Jenis Makanan Penambah ASI untuk Ibu Menyusui

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan penambah ASI untuk ibu menyusui yang perlu Anda ketahui.

1. Pepaya


Hampir semua hal yang ada pada pohon pepaya dapat menjadi sumber makanan sehat penambah ASI. Baik itu buah pepaya maupun daun pepaya. Ibu menyusui sebaiknya konsumsi buah yang masih segar dan daun pepaya yang direbus tanpa tambahan zat lainnya.

2. Daun katuk


Siapa yang tidak mengenal daun katuk. Daun ini sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis daun penambah produksi ASI. Jenis daun yang satu ini juga mempunyai cukup banyak kandungan nutrisi sehat untuk bayi.

3. Sup


Ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh, salah satunya adalah sup. Buatlah sup dari beberapa bahan sehat seperti daging dan juga sayuran untuk menambah produksi ASI.

4. Bayam


Kandungan bayam yang penuh dengan zat besi tidak hanya akan memberikan cukup banyak energi ke tubuh Anda, namun juga mengandung senyawa sehat untuk ibu menyusui dalam menambah ASI tubuhnya.

5. Wortel


Sayur wortel mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Jenis sayuran yang satu ini ternyata juga mampu menambah produksi ASI dalam rangka memberikan nutrisi sehat untuk si bayi.

6. Air


Jangan lupakan konsumsi air putih. ASI merupakan nutrisi yang berbentuk cairan. Jika Anda kurang mengonsumsi air, maka tubuh Anda juga akan mengalami kekurangan produksi ASI. Kebutuhan nutrisi untuk bayi pun akan berkurang.

7. Kacang tanah mentah


Jenis kacang yang dapat menambah ASI untuk ibu menyusui yaitu kacang tanah mentah. Kacang tanah yang masih mentah mengandung lebih banyak nutrisi untuk ASI daripada yang sudah matang. Namun juga jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihannya sebelum dikonsumsi.

8. Fenugreek


Bahan herbal yang dapat menambah prosuksi ASI yaitu fenugreek. Fenugreek berasal dari biji fenugreek yang mengandung senyawa alami untuk menambah produksi ASI. Konsumsilah bahan herbal ini yang sudah dalam bentuk bubuk agar mudah dicerna.

9. Biji adas


Sebagian besar masyarakat Jawa sudah lama menggunakan biji adas sebagai salah satu bahan alami untuk menambah ASI ibu menyusui. Biji ini juga sudah terbukti secara ilmiah dapat membantu kesehatan tubuh bayi.

10. Jinten hitam


Satu lagi jenis biji-bijian yang mampu membantu ibu menyusui untuk memberikan asupan bergizi bagi bayinya, yaitu jinten hitam. Biji ini mempunyai kandungan protein yang tinggi untuk menambah produksi ASI.

Baca Juga: 25 Jenis Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

Selain 10 jenis makanan diatas, ada beberapa jenis makanan penambah ASI untuk ibu menyusui lainnya. Berikut ini 12 jenis makanan lainnya:

12 Jenis Makanan Penambah ASI untuk Ibu Menyusui Lainnya


11. Kemangi
12. Wijen hitam
13. Labu
14. Biji labu
15. Kacang almond
16. Sayur merah
17. Pare
18. Kacang mete
19. Minyak zaitun
20. Minyak biji rami
21. Minyak wijen
22. Bawang putih

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan penambah ASI untuk ibu menyusui yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.