10 Efek Samping Melakukan Operasi Hernia

Hernia merupakan penyakit adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Hernia ini biasanya di tandai dengan adanya benjolan pada bagian yang terserang yaitu kemaluan. Oleh sebab itu, para penderita biasa memilih pengobatan dengan melakukan operasi untuk menghilangkan benjolan pada bagian kemaluan. Namun, anda juga harus mengetahui efek operasi hernia.

Ada beberapa efek yang ditimbulkan setelah melakukan operasi hernia seperti terjadi memar, rusaknya pembuluh darah, serta darah bisa menjadi beku. Selain efek tersebut, terdapat efek lainnya yang bisa diterjadi pasca melakukan operasi hernia. Berikut inilah efek operasi hernia yang penting untuk diketahui.

Efek Operasi Hernia, Efek Samping Operasi Hernia, Efek Operasi Penyakit Hernia

1. Dapat menyebabkan kematian


Efek pertama operasi hernia adalah dapat menyebabkan kematian. Ini bisa menjadi hal yang cukup serius. Namun sampai saat ini masih jarang operasi hernia dapat menyebabkan kematian. Untuk itu, anda harus tetap waspada dan tidak bertindak ceroboh setelah melakukan operasi ini.

2. Rusaknya pembuluh darah


Efek lainnya dari operasi hernia dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah. Setelah  melakukan proses operasi para pria akan rentan terhadap resiko rusaknya pembuluh darah. Resiko ini akan meningkat sebanyak 5% sehingga dapat menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah.

3. Infeksi luka


Ketika melakukan operasi hernia efek samping yang ditimbulkan bisa terjadi infeksi luka. Kondisi seperti ini ditandai dengan warna kemerahan pada bagian luka atau bekas luka. Bahkan infeksi luka ini bisa menimbulkan bengkak atau rasa nyeri pada sekujur tubuh sehingga sangat mengganggu bagi penderitanya.

4. Pembengkakan


Pembengkakan juga dapat terjadi setelah anda melakukan operasi hernia. Pembengkakan pada bagian yang telah dilakukan operasi merupakan bentuk pembengkakan yang normal dan akan dirasakan oleh setiap orang yang sudah melakukan operasi hernia. Namun, bedanya bengkak ini membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.

5. Mati rasa


Setelah operasi hernia anda akan mengalami efek mati rasa. Hal ini terjadi pada bagian-bagian tertentu, terutama bagian yang berada dekat dan di sekitar bagian tubuh yang pasca dilakukan operasi. Mati rasa ini hanya bersifat sementara jika bisa sembuh, namun yang dikhawatirkan adalah ketika mati rasa ini berubah menjadi kaki mati rasa yang permanen.

6. Terjadi memar


Selain terjadi mati rasa, efek yang ditimbulkan setelah operasi hernia terjadi memar atau luka kecil. Selain itu, kondisi setelah melakukan operasi pun dapat berubah warna, meski ini hanya berlangsung sementara, kurang lebih hanya membutuhkan waktu beberapa minggu saja untuk menghilangkan rasa memar dan nyeri ini.

7. Timbul garis tipis


Bekas luka yang ditimbulkan setelah melakukan operasi hernia akan menyebabkan timbulnya garis tipis. Namun anda tidak perlu khawatir dalam waktu beberapa minggu luka akan memudar dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan adanya fungsi kulit yang meregenarasi dengan baik sehingga bekas luka operasi akan mudah di hilangkan.

8. Darah menjadi beku


Operasi hernia juga dapat menyebabkan efek pembekuan darah di bagian kaki. Selain itu pembekuan darah juga akan terjadi pada bagian darah yang mengalir di bagian kaki yang di tujukan ke daerah paru-paru. Hal ini akan menyebabkan anda mudah merasa sakit yang sangat berlebihan, cepat lelah, dan sesak nafas.

9. Kerusakan saraf


Kerusakan saraf juga menjadi efek dari operasi hernia. Setelah melakukan operasi perubahan sistem saraf dapat mencapai 10 hingga 20%. Hal ini akan menyebabkan sakit kronis dan mati rasa di area selangkangan dan paha.

10. Sakit dan tidak nyaman


Efek sakit dan tidak nyaman memang biasa dirasa setelah melakukan operasi hernia. Namun, rasa tidak nyaman dan sedikit perih ini tentu dapat mengganggu kondisi psikis dan membuat anda menjadi depresi, stres bahkan sakit kepala.

Baca Juga 10 Gejala Positif dan Negatif Penyakit Skizofrenia bagi Kesehatan

Itulah efek operasi hernia. Setelah mengetahui informasi efek operasi hernia ini setidaknya anda tahu mengenai efek yang di timbulkan setelah melakukan ooperasi. Jadi ketika anda mengalami penyakit hernia dan memutuskan mengambil tindakan dengan melakukan operasi anda bisa menangani rasa sakit atau efek lainnya yang ditimbulkan pasca operasi hernia.