12 Bahaya Konsumsi Jengkol Mentah untuk Tubuh

Tidak sedikit orang yang mengonsumsi jengkol mentah namun tidak banyak dari mereka yang mengetahui bahaya konsumsi jengkol mentah untuk tubuh. Jengkol merupakan makanan yang cukup populer dan menjadi kesukaan banyak orang. Selain jengkol, petai juga menjadi sumber makanan yang digemari. Ada beberapa olahan makanan yang sering dibuat menggunakan jengkol, contohnya jengkol tumis pedas.

Jengkol tidak hanya dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu, namun juga banyak yang mengonsumsinya mentah-mentah. Hal ini tidaklah disarankan karena konsumsi berlebihan jengkol yang sudah matang pun ada resikonya, apalagi jika Anda mengonsumsi yang mentah. Jengkol mentah mempunyai resiko lebih banyak untuk kesehatan tubuh dibandingkan dengan jengkol yang sudah matang. Mulai dari tidak higienis sampai dengan adanya kuman atau bakteri yang masih menempel.

12 Bahaya Konsumsi Jengkol Mentah untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi jengkol mentah untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Bau mulut


Hal pertama yang dapat membuat kesehatan dan tentunya penampilan Anda terganggu yaitu bau mulut yang menyengat. Jengkol mengandung cukup banyak zat yang dapat memicu bau tidak sedap pada mulut Anda.

2. Sakit pinggang


Ternyata konsumsi jengkol mentah juga dapat memicu adanya sakit pinggang di tubuh Anda. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa kandungan senyawa dalam jengkol yang dapat membuat pinggang Anda encok jika dikonsumsi terlalu banyak.

3. Sakit perut


Jenis makanan apapun tentunya hanya akan memberikan efek sakit perut jika dikonsumsi terlalu banyak. Sama halnya jika mengonsumsi makanan mentah, termasuk jengkol yang masih mentah tanpa proses pengolahan terlebih dahulu.

4. Maag


Jengkol juga mengandung senyawa asam tertentu yang dapat membuat asam lambung Anda naik. Efek lanjutannya yaitu Anda akan mengalami gejala maag yang membuat perut Anda sakit dan terasa perih.

5. Gangguan pencernaan


Makanan mentah seperti jengkol mentah bukan merupakan makanan yang bisa dipertanggungjawabkan kebersihannya. Jika masih ada bakteri yang menempel, maka Anda akan mengalami banyak gangguan pencernaan.

6. Sulit buang air kecil


Jengkol mentah jika dikonsumsi terlalu banyak dapat membuat Anda mengalami gangguan kesehatan pada proses buang air kecil. Ada kandungan dalam jengkol yang membuat buang air kecil Anda tidak lancar.

7. Penyumbatan pembuluh darah


Konsumsi jengkol mentah akan mempengaruhi kesehatan pembuluh darah. Pembuluh darah Anda dapat mengalami banyak penyumbatan yang membuat aliran darah ke beberapa bagian tubuh tidak menjadi lancar.

8. Tidak lancarnya aliran darah


Aliran darah yang tidak lancar tentunya akan memberikan banyak efek tertentu pada tubuh. Fungsi organ tubuh Anda akan menjadi tidak maksimal dalam bekerja di dalam tubuh dan membuat pembuluh darah menjadi tidak sehat.

9. Batu ginjal


Bahaya konsumsi jengkol mentah salah satunya yaitu dapat memicu adanya penyakit batu ginjal di dalam tubuh Anda. Batu ginjal adalah jenis penyakit yang menyumbat saluran ginjal Anda karena adanya proses penumpukan zat tertentu menjadi lebih keras.

10. Asam urat


Jengkol mentah bukan makanan yang harus Anda konsumsi setiap hari. Ada banyak bahaya kesehatan yang akan Anda alami, salah satunya asam urat. Jika Anda sudah mempunyai penyakit asam urat, sebaiknya tidak mengonsumsi jengkol mentah terlalu banyak.

11. Diare


Bakteri yang masih menempel pada jengkol mentah yang tidak dibersihkan dengan benar akan membuat pencernaan Anda mengalami diare. Penyakit ini banyak disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang bersih.

12. Mencret


Konsumsi jengkol mentah juga dapat memicu gejala mencret yang membuat Anda ingin buang air besar terus menerus. Akibatnya, tubuh Anda akan kekurangan cairan dan mudah dehidrasi. Hal ini bisa terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya.

Baca Juga: 12 Bahaya Konsumsi Jengkol Mentah untuk Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi jengkol mentah untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.