20 Bahaya Konsumsi Cabai untuk Kesehatan Tubuh

Penggemar cabai dengan makanan pedas perlu memperhatikan adanya bahaya konsumsi cabai untuk kesehatan tubuh. Cabai merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sering digunakan untuk memberikan rasa pedas pada makanan. Buah yang satu ini juga menjadi bahan utama dalam membuat berbagai jenis sambal yang dicampur dengan bahan laiinya seperti terasi dan tomat. Indonesia sendiri mempunyai ratusan jenis makanan pedas yang mengandalkan cabai sebagai perasa pedas utama.

Penggemar masakan pedas dengan jumlah cabai yang banyak sering mengonsumsi makanan ini di segala kesempatan. Konsumsi cabai memang diperbolehkan namun bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan. Cabai dengan tingkat kepedasan yang tinggi akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Mulai dari adanya gangguan kesehatan pada pencernaan sampai dengan gangguan kesehatan kulit.

20 Bahaya Konsumsi Cabai untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi cabai untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Naiknya asam lambung


Kandungan senyawa dalam cabai yang terasa pedas dapat mempengaruhi asam lambung di tubuh Anda. Jika konsumsi cabai terlalu banyak maka asam lambung Anda akan meningkatkan dan terjadilah penyakit lambung.

2. Maag


Efek lanjutan dari asam lambung yang meningkat yaitu penyakit maag. Gejalanya yaitu sakit perut, perih, dan terasa panas. Jika Anda mengalami hal ini segeralah mengonsumsi air putih dan juga menghindari makanan pedas.

3. Diare


Konsumsi cabai dalam jumlah banyak juga akan membuat Anda terjangkit penyakit diare. Efek pedas pada cabai dapat dengan mudah membuat lambung dan usus bereaksi dengan membuat Anda ingin buang air terus menerus.

4. Susah tidur


Efek panas dari konsumsi cabai bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur. Hal ini akan berlanjut dengan munculnya penyakita insomnia. Penyakit ini sebaiknya dihindari karena dapat membuat tubuh Anda tidak beristirahat dengan baik.

5. Hilang nafsu makan


Kondisi perut yang tidak nyaman setelah mengonsumsi cabai akan membuat nafsu makan Anda menurun atau bahkan hilang. Gejala ini tentunya tidak menyehatkan karena dapat membuat tubuh Anda kekurangan nutrisi lainnya.

6. Radang pada lambung


Lambung Anda tidak hanya akan mengalami asam lambung yang naik tinggi, namun juga mengalami gejala radang yang akan membuatnya terasa sakit ketika mengolah makanan. Fungsi lambung pun akan menurun.

7. Sakit kepala


Beberapa senyawa yang ada pada cabai jika dikonsumsi terlalu banyak dapat membuat Anda sakit kepala. Hal ini terjadi karena tersumbatnya aliran darah ke kepala Anda sehingga menyebabkan rasa sakit yang cukup mengganggu.

8. Gangguan kesehatan mulut


Cabai yang terasa pedas akan memberikan dampak langsung ke bagian mulut Anda. Mulai dari rasa panas, perih, sampai dengan mati rasa akibat bengkaknya bagian mulut yang terkena rasa pedas dan panas dari cabai.

9. Jerawat


Bagi Anda yang mempunyai jenis kulit sensitive sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan cabai yang cukup banyak. Cabai dapat memicu terjadinya produksi minyak berlebih yang dapat menimbulkan jerawat.

10. Lidah menjadi tidak peka


Lidah Anda tidak dirancang untuk menerima satu rasa makanan yang terlalu berlebihan seperti cabai. Jika Anda mengonsumsi cabai terus menerus, maka kepekaan indra lidah Anda akan cenderung berkurang.

Baca Juga: 8 Bahaya Sayur Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi cabai untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 10 bahaya lainnya:


10 Bahaya Konsumsi Cabai untuk Kesehatan Tubuh Lainnya


11. Keringat yang keluar berlebihan
12. Ulu hati terganggu
13. Sakit perut
14. Mencret
15. Radang usus
16. Kulit terasa panas
17. Kanker hati
18. Gangguan kesehatan rahim
19. Gangguan siklus haid
20. Kanker usus

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi cabai untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.