15 Bahaya Konsumsi Bakso Berlebihan untuk Tubuh

Penggemar makanan berupa bakso sebaiknya mengetahui bahaya konsumsi bakso berlebihan untuk tubuh. Bakso merupakan makanan yang diolah dari tepung dicampur daging dan bumbu kemudian direbus. Bola daging ini disajikan dengan bahan lainnya seperti mie dan juga diberi isian yang berbeda. Di Tanah Air sendiri Anda akan menemukan penjual bakso dengan mudah karena banyak pedagang kaki lima keliling yang menjualnya.

Rasa bakso yang enak ditambah dengan kesegaran kuahnya menjadikannya sebagai makanan favorit yang disukai banyak orang. Tak jarang makanan ini bisa dikonsumsi terus menerus setiap harinya. Konsumsi bakso berlebihan hanya akan membuat tubuh Anda mengalami banyak gangguan kesehatan tubuh. Tidak hanya gangguan kesehatan pada pencernaan saja, namun juga pada bagian tubuh lainnya dalam jangka panjang.

15 Bahaya Konsumsi Bakso Berlebihan untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi bakso berlebihan untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Keguguran


Jika seorang ibu yang sedang hamil mengonsumsi bakso terlalu banyak, maka ia akan mengalami resiko keguguran. Kandungan garam disertai mecin yang banyak, belum lagi senyawa kimia yang mungkin ada di dalamnya akan menimbulkan keguguran pada janin.

2. Gangguan kesehatan usus


Bagian pencernaan yang akan terkena langsung dampak dari konsumsi bakso yang berlebihan yaitu usus. Mengapa? Karena organ tubuh yang satu ini berfungsi menyerap nutrisi yang ada dalam makanan yang Anda konsumsi. Bakso sendiri bukanlah makanan dengan nutrisi yang menyehatkan.

3. Gangguan kesehatan mulut


Penyedap rasa atau MSG yang ditambahkan pada bakso jika dikonsumsi terlalu banyak akan membahayakan kesehatan mulut Anda. Mulut Anda akan mengalami iritasi dan juga radang yang menyakitkan.

4. Alergi pada kulit


Banyaknya oknum penjual bakso yang ingin membuat baksonya tetap tahan lama menggunakan pengawet kimia membuat makanan ini menjadi pemicu beberapa gangguan kesehatan. Pengawet buatan akan memicu alergi pada kulit.

5. Darah tinggi


Penyakit darah tinggi juga dapat menyerang tubuh Anda jika Anda sering mengonsumsi bakso. Kandungan MSG dan penyedap rasa lainnya yang digunakan ke makanan ini mampu menaikkan tekanan darah menjadi lebih tinggi.

6. Kerusakan saraf otak


Otak Anda akan mengalami banyak kerusakan, terutama pada bagian sarafnya. Hal ini dapat terjadi jika Anda mengonsumsi banyak baksi dengan kandungan penyedap rasa setiap harinya. Penyedap makanan bukanlah jenis penyedap yang dapat Anda konsumsi terlalu banyak.

7. Gangguan kesehatan lambung


Tidak hanya usus saja, namun juga kesehatan lambung Anda juga akan terganggu. Mencerna semua bahan yang digunakan pada bakso dan menyerap nutrisinya akan membuat lambung mengalami radang dan menurunkan fungsinya di dalam tubuh.

8. Penyakit jantung


Adanya bahan pengawet beserta dengan kandungan MSG yang berlebihan membuat bakso yang Anda konsumsi dapat memicu penyakit jantung. Jantung Anda akan melemah dan tidak mudah lagi memompa darah ke seluruh tubuh.

9. Diare


Konsumsi bakso dengan berlebihan juga akan memicu gejala diare. Pencernaan Anda akan mengalami gejala diare seperti sakit perut dan ingin buang air besar. Diare dapat menjadi penyakit yang mematikan jika tidak ditangani dengan segera.

10. Rusaknya sel DNA tubuh


Pemakaian borak pada bakso yang digunakan oleh beberapa oknum nakal membuat makanan ini dapat membuat sel DNA di tubuh Anda menjadi rusak. Kerusakan sel akan memicu penyakit lainnya contohnya kanker.

Baca Juga: 7 Jenis Sayuran Penambah Darah untuk Tubuh


Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya konsumsi bakso berlebihan untuk tubuh lainnya. Berikut ini 5 bahaya lainnya:


5 Bahaya Konsumsi Bakso Berlebihan untuk Tubuh Lainnya


11. Kerusakan organ hati
12. Efek keracunan
13. Stroke
14. Kerusakan ginjal
15. Keracunan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi bakso berlebihan untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.